Kumpulan Macam-macam Jenis Daun Untuk Kesehatan


Jumat, 14 April 2017

Membuat Bakso daging Sapi yang kenyal enak

resep membuat bakso sapi
Jajanan Nusantara yang bernama Bakso, memang begitu banyak diminati. Rasa kuahnya yang sedap, plus pentol daging yang kenyal dan gurih, seringkali bikin orang ketagihan. Karena sangat populernya, dimanapun kita berada, rasanya tak sulit untuk menemukan bakso daging sapi yang yumi ini. Sayangnya, dengan anyaknya pemberitaan dimedia masa yang negatif tentang penjual bakso, tak sedikit orang yang kini berfikir dua kali jika ingin membelinya disembarang penjual. Dikatakan bakso kini kebanyakan menggunakan bahan pengawet kimia yang bisa membahayakan kesehatan, disamping dengan kualitas daging yang meragukan. Nah, untuk itulah alasan Anda mungkin kemari. Ingin menikmati bakso sapi yang sedap, tanpa khawatir apapun. Ya, Anda harus membuatnya sendiri..
Resep Cara membuat bakso sapi enak dan kenyal tanpa bahan kimia pengenyal  
Bahan Bakso : 
  1. 1/2 kilogram daging sapi 
  2. 50 gram tepung kanji 
  3. 1/2 sdt lada bubuk 
  4. 1 sdt garam 
  5. 1 sdm bawang putih goreng 
  6. 2 sdm bawang merah goreng 
  7. 40 gram es batu, hancurkan 
  8. 2000 ml air 
Bahan Kuah : 
  1. 200 gr tulang sapi 
  2. 3000 ml air 
Bumbu kuah : 
  1. 5 buah bawang merah dibersihkan, goreng, haluskan 
  2. 7 siung bawang putih, bersihkan, goreng, haluskan 
  3. 1/2 sdm bawang goreng jadi, haluskan 
  4. 2 sdt kaldu sapi instan 
  5. 2 sdt gula pasir 
  6. 1 sdm garam dapur 
  7. 1/2 sdt merica 
  8. 4 btg daun bawang, diambil bagian putihnya. Iris halus  
Cara Membuat baksonya : 
  1. Masukkan tepung kanji, bawang putih, bawang merah, lada, garam, dan daging sapinya kedalam wadah. Uleni dengan tangan biasa atau menggunakan alat pencampur, seperti food processor maupun blender. Giling daging dan bahan ini sampai halus dan tercampur rata. 
  2. Tambahkan es batu jika adonan daging lembek dan sulit untuk dibentuk. 
  3. Rebus air dalam panci besar sampai panas hampir mendidih.
  4. Ambil kemudian genggam adonan daging bakso, lalu tekan supaya adonan bisa keluar diantara ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan yang sudah muncul dengan menggunakan sendok, lalu masukan kedalam air panas. Begitu seterusnya sampai adonan habis. 
  5. Lanjutkan dengan memasak pentol atau bola bola bakso tadi dengan menggunakan api besar, sampai semuanya terlihat mengapung. Angkat. 
Cara Membuat kuahnya : 
  1. Didihkan air, kemudian masukkan seluruh bahan dan bumbu untuk kuah secara bersama-sama. Tunggulah sampai air mendidih kembali dan tulangnya menjadi matang, kemudian tambahkan sisa air/kuah bakso. 
  2. Supaya kuah tetap panas, biarkan diatas kompor dengan api kecil. Demikian cara membuat bakso sapi yang kenyal dengan takaran bumbu yang pas, sehingga mempertahankan citarasa bakso yang sedap.



Baca Juga:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2018. Sehat Alami . All Rights Reserved