Kumpulan Macam-macam Jenis Daun Untuk Kesehatan


Senin, 17 April 2017

Manfaat Daun Jarak dan Efek Sampingnya

Hasil gambar untuk daun jarak pagar

Manfaat daun jarak memang sudah sangat lazim digunakan orang sebagai tanaman herbal. Maka dari itu, tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup itu, banyak yang mencarinya karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sejak dulu, tanaman jarak sudah menjadi rebutan para penjajah. Karena tanaman ini memiliki manfaat menyeluruh dari daun, buah sampai bijinya.

Saat ini banyak penelitian tentang minyak jarak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Tentu saja hal ini masih perlu kajian lebih lanjut untuk dapat menggantikan posisi barang tambang, minyak yang masih sangat dibutuhkan. Namun dalam artikel ini, akan kita bahas secara fokus tentang manfaat daun jarak bagi manusia.

Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan
Selain dikembangkan menjadi bahan bakar, daun jarak telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal. Berikut ini beberapa khasiat daun jarak untuk mengobati penyakit :

1. Mengatasi susah buang air besar
Daun jarak yang masih segar, kemudian kukus dan dapat dimakan sebagai lalapan pada makanan anda. Hal ini efektif sekali untuk melancarkan BAB.

Herbal BAB :
  • Manfaat buah pepaya 
  • Manfaat Apel 
  • Manfaat bayam 


2. Menurunkan panas pada bayi

2 sampai 3 helai daun jarak yan sudah bersih. kemudian olesi minyak makan yang masih baru. Panaskan daun diatas api kompor 2 menit sampai panas terasa merata. Letakkan daun pada perut dan punngung bayi atau agar tidak mudah lepas, dapat dipasangkan dalam gurita bayi
Penting untuk menurunkan panas bayi:

  • Manfaat daun sambiloto 
  • Manfaat alang alang 
  • Manfaat air putih 


3. Mengobati Kurap
Minyak jarak efektif mengobati kurap dan masalah kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.

Caranya : 
Cuci daun jarak dalam air dan rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam dan panaskan. Terapkan di atas kulit yang terkena dampak dan tutup dengan kain katun. Tunggu hingga semalaman, sebelum di buka. Ulangi prosedur ini sampai sembuh sepenuhnya.

  • Manfaat jeruk nipis
  •  Manfaat daun kemangi 


4. Membuat Gede Alat Vital
Mungkin salah satu yang di cari para pria untuk meningkatkan ‘kepercayaan diri’, daun jarak telah dipercaya sejak lama dapat membantu masalah ini.

  • Cara Penggunaan:

Ambil 10 lembar daun jarak Sediakan 1 buah jeruk nipis. Sediakan minyak zaitun secukupnya. Tumbuk daun jarak bersama dengan buah jeruk nipis hingga menyatu Lakukan pemijatan alat vital dengan minyak zaitun terlebih dahulu sehingga hangat. Lakukan pemijatan dengan ramuan daun jarak yang telah di aduk halus dengan jeruk nipis. Ramuan ini dapat dipakai untuk 3 kali pemijatan. 

5. Ampuh mengobati Rematik
Jika anda mengalami rematik, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan daun jarak sebagai pengobatan tradisional.
  • Cara Penggunaan :

Sediakan 5-8 lembar daun jarak Tumbuk halus dicampurkan dengan air hangat (sedikit) Oleskan pada lokasi rematik atau masalah kulit seperti exim Lakukan 3 x sehari. Penting untuk rematik:

Manfaat cuka apel Manfaat daun sirsak Manfaat daun singkong Manfaat sarang semut Kandungan Zat Pada Daun Jarak

Tanaman jarak merupakan jenis pohon yang berbuah tiap tahun dengan batang beronngga dan berbuku-buku. Daun jarak tidak berukuran besar, relatif sedang warna hijau kekuningan namun ada jenisnya yang berwarna merah. Tanaman jarak, juga disebut jarak pagar karena suka ditanam di pekarangan yang tingginya menyerupai tinggi pagar rumah.

Seperti khasiat berbagai tanaman herbal lain yang memberikan penyembuhan terhadap berbagai penyakit seperti pada manfaat daun salam atau pun manfaat daun binahong daun jarak juga memberikan fungsinya yang baik untuk persoalan berbagai penyakit.Tanaman jarak memiliki kandungan senyawa penting seperti quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain sebagainya yang menyimpan fungsi baik bagi pengobatan penyakit

Efek Samping Daun Jarak

Daun Jarak Daun Jarak Efek samping utama tanaman jarak ini ada pada minyaknya terhadap kategori reaksi kulit dan gangguan pencernaan. Minyak jarak dipecah oleh usus kecil yang menjadi asam risinoleat dan bertindak sebagai iritan ke lapisan usus Anda. 

Efek ini adalah apa yang memberi kemampuan minyak jarak untuk sembelit-tetapi juga alasan ketidaknyamanan pencernaan, diare, dan efek samping gastrointestinal lainnya. Jika menderita kram, iritasi usus, maag, diverticulitis, wasir, radang usus, prolapses, atau baru saja menjalani operasi, kemungkinan harus menghindari minyak jarak karena efek samping ini. Meskipun minyak jarak telah digunakan secara tradisional untuk membantu merangsang persalinan pada wanita hamil yang sehat, namun ditemukan rasa mual dialami oleh wanita-wanita. 

 Sekali lagi ditekankan bahwa manfaat kesehatan dari tanaman jarak tidak lebih dari pengamatan ilmiah dan efek sampingnya telah dilaporkan. Seperti sesuatu yang baru, gunakan dengan hati-hati untuk meminimalkan reaksi tak terduga.


Baca Juga:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2018. Sehat Alami . All Rights Reserved